Selasa, 20 Desember 2016

Cara Mencegah Mata Minus Secara Alami

Mata Minus merupakan kondisi kelainan pada mata yang terjadi karena retina pada bagian mata tidak dapat menangkap cahaya dengan fokus. Akibatnya mata tidak dapat fokus ketika melihat sebuah objek atau benda dengan jarak jauh. Mata minus paling sering ditemukan terjadi pada anak-anak, remaja usia sekolah dan orang dewasa yang sudah bekerja juga orang tua. Jika kita keluar rumah, banyak orang yang memakai kaca mata minus sebagai langkah perawatan untuk memperbaiki kondisi mata ini. Kaca mata minus dipakai untuk memperbaiki lensa mata, sehingga mata dapat melihat dengan jelas pada semua objek dengan jarak jauh.

Deteksi Awal Mata Minus

 

 

Mata Minus selalu ditandai dengan pandangan mata kabur untuk semua objek dengan jarak jauh. Apabila anda mempunyai anak-anak yang masuk sekolah atau baru masuk sekolah maka bisa meminta anak membaca atau melihat sebuah benda dengan jarak tertentu dalam ruangan. Bahkan anak-anak yang tidak bisa melihat sebuah benda dengan jelas juga bisa menjadi terkena gejala mata minus. Pada remaja dan orang tua sudah bisa mengenali mata minus dengan baik dari berbagai gejala seperti pandangan mata kabur, kepala sering pusing,mual, muntah dan berbagai rasa yang tidak nyaman pada mata. Untuk memastikan kondisi mata maka disarankan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter mata atau ahli mata yang sudah menguasai bidang ini.

Dan, apakah mata minus dapat dicegah ? tentu saja bisa. Dengan berbagai cara. Hanya saja ada beberapa orang yang memang tidak bisa mencegah mata minus secara tidak sengaja, sehingga tetap mengalami mata minus. Penglihatan yang normal dimulai ketika ada jaringan mata yang bisa merubah cahaya yang masuk ke bagian mata dan diterima oleh sel-sel otak dan diterjemahkan menjadi sebuah objek yang bisa kita baca atau kita pahami. Jadi ada berbagai faktor yang bisa dilakukan untuk cara mencegah mata minus.

Cara  Mencegah Mata Minus dari Kebiasaan dan Lingkungan

 

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan dan dibiasakan untuk mencegah mata minus. Berikut ini beberapa langkah yang paling praktis dan bisa dilakukan oleh semua orang :

  • Hindari kebiasaan membaca atau melihat televisi dari jarak dekat yang bisa menyebabkan kerusakan lengkungan kornea dan menyebabkan mata minus.
  • Hindari kebiasaan menulis dengan jarak yang dekat yang bisa merusak jarak kemampuan pandangan normal mata.
  • Berikan waktu istirahat untuk mata dengan tidak melihat semua benda dengan layar tajam seperti komputer, laptop, televisi dan gadget. Anda bisa keluar rumah dan melihat berbagai objek dengan jarak yang lebih jauh untuk melatih otot mata tetap normal.
  • Biasakan untuk membaca atau melakukan pekerjaan lain dengan jumlah cahaya yang cukup sehingga mata menjadi lebih nyaman.
  • Cara mencegah mata minus dengan membiasakan saat membaca atau melakukan semua pekerjaan yang dibantu dengan komputer pada jarak dan sikap tubuh yang tegak.
  • Jika Anda memiliki anak-anak maka biarkan anak-anak lebih banyak bermain diluar dan tidak terlalu sering melihat semua benda dengan layar seperti televisi dan komputer.
  • Latihan mata untuk membiasakan melihat berbagai objek dengan jarak yang jauh juga bisa mencegah mata minus. latihan bisa dilakukan saat Anda sedang mengendarai kendaraan dan harus fokus melihat semua objek secara teratur.
  • Jika Anda berada di luar dan mengemudi pada siang hari maka biasakan untuk menggunakan kacamata pelindung cahaya matahari. 

Cara Mencegah Mata Minus dengan Makanan

 

Mata menjadi salah satu organ tubuh yang dilindungi oleh struktur kolagen. Semua jenis nutrisi yang bisa meningkatkan atau mempertahankan kolegan dalam mata sangat baik untuk melindungi mata dari mata minus. Berbagai nutrisi yang diperlukan antara lain adalah seperti kalsium , silica, selenium, magnesium, mangan, vitamin D, vitamin C dan bioflavonoid semua sangat baik untuk kesehatan mata. Berikut ini adalah berbagai nutrisi yang sangat penting untuk mencegah mata minus, baik untuk anak-anak maupun dewasa dan orang tua.

1. Ikan
Berbagai jenis ikan dengan kandungan omega-3 yang tinggi sangat baik untuk cara menjaga kesehatan mata. Anda bisa mengkonsumsi berbagai jenis ikan seperti salmon, tuna, makareal dan sarden. Bahkan konsumsi ikan dengan kandungan omega 3 yang tinggi juga bisa mencegah mata dari katarak.

2. Sayuran Hijau
Berbagai jenis sayuran hijau seperti bayam, kangkung, sawi hijau, selada, daun kale dan sayuran lain mengandung lutein dan zeaxanthin yang bisa mencegah katarak dan pembentukan lapisan pada kornea mata. Selain itu, berbagai jenis makanan yang mengandung bahan antioksidan seperti brokoli dan kacang polong juga sangat baik.

3. Telur
Telur mengandung berbagai jenis nutrisi dan sumber vitamin yang sangat baik untuk kesehatan mata seperti lutein. Cara mencegah mata minus dengan makan makanan yang mengandung vitamin A tinggi seperti telur ini.

4. Gandum
Konsumsi gandum juga sangat baik untuk memelihara kesehatan mata karena kaya akan vitamin E, seng dan niasin. Berbagai jenis kebutuhan nutrisi manusia ini sangat penting untuk mencegah kelebihan gula dalam darah sehingga penting untuk kesehatan mata.

5. Buah Sumber Vitamin C
Semua jenis buah yang mengandung vitamin C dalam jumlah yang tinggi sangat baik untuk cara mencegah mata minus. Berbagai jenis buah yang sangat disarankan adalah seperti jeruk, stroberi, lemin, anggur, jeruk bali dan markisa. Buah-buahan ini bisa mencegah berbagai jenis kerusakan karena mata karena kurang nutrisi.

6. Sumber Kacang-kacangan
Berbagai jenis kacang-kacangan sangat baik untuk memelihara kesehatan mata karena mengandung asam lemak omega 3 dan juga makanan yang mengandung vitamin E. Berbagai jenis kacang-kacangan yang bisa membantu mencegah mata minus antara lain adalah almond, kacang pistachio, mete, dan walnut.

7. Sayur dan Buah Berwarna
Berbagai jenis sayuran dan buah-buahan yang kaya dengan warna juga sangat baik untuk mencegah kerusakan mata karena mata minus. Beberapa jenis buah seperti wortel, jeruk, tomat, paprika, stroberi, labu, blewa, melon dan jagung juga sangat baik untuk membantu kesehatan mata menjadi lebih baik.

8. Daging Sapi
Cara mencegah mata minus alami dengan mengkonsumsi daging sapi tanpa lemak juga bisa menjaga kesehatan mata. Kandungan seng dalam daging sapi membantu tubuh dalam mempercepat proses penyerapan vitamin A sehingga penting untuk mengatasi pembentukan lapisan pada kornea mata.

Cukup sekian artikel yang kami bahas tentang Cara Mencegah Mata Minus Secara Alami. Semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar